Berita

Sumitomo Corp dan PLN menandatangani MoU untuk membeli Sertifikat Renewable Energy

Sumitomo Corp dan PLN menandatangani MoU untuk membeli Sertifikat Renewable Energy 04 November 2021

Sumitomo Corporation setuju untuk bekerja sama dengan PLN, untuk mengatasi masalah dekarbonisasi di Indonesia. Kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk membeli energi terbarukan dalam jumlah yang sama dengan karbon dioksida (CO2) dan gas rumah kaca lainnya yang dihasilkan oleh gedung bertingkat tempat anak perusahaan lokal. Kedepannya, Sumitomo Corporation juga akan mempertimbangkan untuk mendukung PLN dalam menjual kuota emisi gas rumah kacanya.

Sumitomo Indonesia menandatangani nota kesepahaman tersebut pada akhir bulan Oktober, dan akan membeli sertifikat pembangkit listrik tenaga panas bumi dari PLN untuk mengimbangi emisi gas rumah kaca dari gedung perusahaan di Jakarta. Menurut Sumitomo Indonesia, ini adalah pertama kalinya di Jakarta dibangun “gedung tanpa emisi” yang mampu mengurangi emisi gas rumah kaca hingga praktis nol, dan diharapkan dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 7.000 hingga 8.000 ton per tahun.

Sumitomo Corp. berfokus pada dekarbonisasi dengan mengumumkan niatnya untuk menarik diri dari bisnis pembangkit listrik tenaga batu bara pada akhir tahun 2040-an, dan PLN juga berencana untuk berhenti membangun pembangkit listrik tenaga batu bara baru mulai tahun 2025 dan sepenuhnya menghentikan pengoperasian pembangkit listrik tenaga batu bara. pembangkit listrik pada tahun 2060. PLN berencana untuk secara bertahap beralih ke pembangkit listrik dengan menggunakan energi terbarukan seperti panas bumi dan tenaga surya, dan akan menerima dukungan dari Sumitomo Corp..

Pemerintah Indonesia mengalihkan fokusnya ke dekarbonisasi untuk menunjukkan kepemimpinannya di G20, yang ketuanya adalah Indonesia pada tahun 2022. Presiden Jokowi telah menetapkan tujuan “netral karbon” untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga hampir nol pada tahun 2060. Saat ini, negara ini sangat bergantung pada batu bara untuk menghasilkan energi, dan dukungan terhadap energi terbarukan bisa menjadi peluang komersial.

Kumpulan Berita

02 July 2024
Uji Coba Arus Lalu Lintas Jembatan Cikarang I dan II

Pemkab Bekasi mulai Uji Coba Jembatan Cikarang I dan II

11 June 2024
Panen Raya Komoditas Bawang Merah di Lahan Urban Farming

Panen Raya Komoditas Bawang Merah di Lahan Urban Farming

06 June 2024
Aksi Lingkungan Penanaman Pohon

Aksi Lingkungan Penanaman Pohon di EJIP bersama DLH

16 May 2024
Waspada DBD!

Lakukan 3M Plus untuk Mencegah DBD dan Ketahui Gejala Penyakit DBD